Powered By Blogger

Selasa, 21 Desember 2010

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMP:
Fotosintesis

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Delanggu
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : Kelas VIII / Semester II
Materi Pembelajaran : Fotosintesis
Alokasi Waktu : 8 x 40’

I. Standar Kompetensi
1. Memahami Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan

II. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau

III. Indikator
a. Kognitif
1. Produk
a. Menjelaskan sejarah fotosintesis
b. Mendeskripsikan bagian-bagian yang berperan dalam proses fotosintesis
c. Menjabarkan serangkaian peristiwa fotosintesis
d. Menjelaskan dan membedakan reaksi gelap dan reaksi terang
2. Proses
Menyelidiki komponen yang dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis serta hasilnya
b. Psikomotorik
Melakukan pengamatan tentang fotosintesis dengan tumbuhan hydrilla dalam teori Ingenhouz
c. Afektif
a. Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
b. Keterampilan sosial
Menunjukan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.

IV. Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif
1. Produk
• Siswa mampu menjelaskan tentang sejarah fotosintesis
• Siswa mampu mendeskripsikan bagian-bagian yang berperan dalam proses fotosintesis
• Siswa mampu menjabarkan serangkaian peristiwa fotosintesis
• Siswa mampu menjelaskan dan membedakan reaksi terang dan reaksi gelap
2. Proses
Diberikan alat dan bahan dan LKS 1 SMA, siswa dapat merancang dan melakukan eksperimen untuk menyelidiki komponen yang dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis serta hasilnya (Rumusan masalah, hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel control, definisi operasional variabel manipulasi, definisi operasional variabel respon, melaksanakan eksperimen, tabel pengamatan, grafik, analisis, kesimpulan).
b. Psikomotorik
Diberikan perlengkapan tentang proses fotosintesis berdasarkan teori Ingenhouz dengan menggunakan tumbuhan Hydrilla yang mengalami proses fotosintesis sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
c. Afektif
1. Karakter
Selama proses pembelajaran,siswa terlibat dan menunjukan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman sesuai Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter.
2. Keterampilan sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukan kemajuan dan keterampilan sosial meliputi bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi sesuai Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial.
Materi Pembelajaran:
1. Fotosintesis
2. Reaksi gelap
3. Reaksi terang
4. Teori Ingenhouz
Materi pembelajaran secara rinci terlampir

V. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab

VI. Bahan:
1. Tanaman Hydrilla
2. Air

VII. Alat:
1. Gelas reaksi kimia
2. Selang air
3. Corong

VIII. Berbasis ICT/internet:
Free Download teori Ingenhouz, fotosintesis, reaksi gelap, reaksi terang.
Pengembangan Kegiatan Pembelajaran
Perhatikan:
1. Sintaks pembelajaran dari model pembelajaran yang digunakan harus tergambar dalm kegiatan pembelajaran
2. Indikator (tujuan pembelajaran), materi pembelajaran, metode dan alat pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan harus terdeskripsikan dalam jabaran kegiatan pembelajaran

IX. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendahuluan

1 2 3 4
1. Memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa contoh berbagai fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk peristiwa fotosintesis dengan cara mendemonstrasikan di depan kelas (Fase 1 MPK)
2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan perilaku berkarakter.

B. Inti

1 2 3 4
Penggalan 1
1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar